BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 28 November 2010

Berita bromo





PROBOLINGGO, - Erupsi minor Gunung Bromo sepanjang Sabtu (27/11/2010) berlangsung hampir sepanjang hari. Sejak erupsi minor pada pukul 5.09 sampai berita ditulis sekitar pukul 17.00, kawah Bromo terus mengeluarkan asap kelabu tebal dan bergulung-gulung.
"Akumulasi energi masih cenderung naik," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Bromo Muhammad Syafi'i. Pada 27 November, tercatat 19 gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo maksimal 7-38 mm dan lama gempa 10-50 menit.
Tremor terjadi menerus dengan amplitudo mencapai 28 mm. Pada Sabtu pagi juga terdeteksi satu gempa vulkanik dalam dengan amplitudo maksimal 38 mm dengan gempa sekunder primer 5 mm dan lama 28 detik.
Deformasi Gunung Bromo juga terus terjadi. Sepanjang 13-27 November terjadi penggembungan 12 mikroradian. Secara kasat mata, kawah Bromo terus mengeluarkan asap kelabu kehitaman yang bergulung-gulung dengan intensitas berbeda-beda.
Sabtu pagi sampai siang, Gunung Bromo tampak jelas. Namun menjelang sore, gerimis dan kabut menutupi kawah. Sehari sebelumnya, Gunung Bromo meletus kecil pada pukul 17.22.
Saat itu asap kelabu kehitaman membubung sampai ketinggian 600-700 meter dari bibir kawah. Erupsi minor ini berlangsung selama 3 jam 56 menit.
Menurut Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Bromo Gde Suantika, ancaman terbatas di kaldera Bromo atau radius 3 km dari kawah.
Sejauh ini, masih belum diperlukan evakuasi dan aktivitas di ring I atau radius 3 km dari kawah masih normal. Kendati demikian, warga diminta tetap waspada. "Letusan yang terjadi sejak kemarin masih mungkin terjadi di hari-hari ke depan seperti pada letusan tahun 2000," tutur Gde.


semoga berita ini bermanfaat

0 komentar: